Robot Teamworkbot Bisa Mengerti Pikiran Manusia

Posted: Juni 21, 2009 in informasi
Tag:

foto berita artikel

Bagaiman menggabungkan antara ilmu kognitif, neuroscientist, dan psikologis dalam sebuah robot?

Team EU-funded Joint Action Science and Technology (JAST) telah melakukannya dengan mengembangkan teamworkbot yang dapat mengetahui aksi partnernya dan mampu memprediksikan apa yang akan dilakukan secara bersamaan. Project teamworkbot ini mengkolaborasikan manusia-manusia, dan melihat kelakuan dan fungsi otak ketika bekerja atau tidak bekerja, kemudian diaplikasikan di robot yang proaktif.

Robot teamworkbot ini dapat menanyakan pertanyaan, berdiskusi dan eksplorasi, mengakses ide manusia, dan mengantisipasi apa yang akan dilakukan partner manusianya. Teori dari pembuatan robot tersebut berasal dari cermin neuron, sebuah neuron yang akan aktif ketika orang mengamati aktvitas mereka. Neuron tersebut akan meresonansikan mimik aktivitas yang dilakukan, otak kemudian belajar meng-copy apa yang sedang dilakukan.

Sementara Wolfram Erlhagen dari University of Minho mengungkapkan bahwa robot tersebut dapat mengamati tingkah laku partner manusia, memetakannnya dalam tugas, dan cepat belajar mengantisipasi aksi partner atau menghasilkan error ketika partner tidak mengikuti prosedur yang diharapkan. Kemudian robot akan tampak kehilangan kontrol dengan interaksi ke manusia. Robot teamworkbot ini juga diprogram untuk menangani error, dan mencari klarifikasi ketika aksi partner-nya ambigu.dikutip dari : beritanet.com

Komentar
  1. wahyono mengatakan:

    hebat banget ya…

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s