Prosedur Pembuatan SKCK

Posted: Maret 30, 2012 in informasi
Tag:, , , , ,

Hallo Blogger, kembali saya menulis pengalaman saya sendiri di blog saya tercinta ini, tentang bagaimana cara membuat SKCK [Surat Keterangan Catatan Kepolisian] yang beberapa hari saya lakukan untuk mendapatkanNya. Pertama yang saya lakukan adalah meminta surat pengantar dari ketua RT setempat dimana saya tinggal maklum saya orang dari pedesaan jadi harus ada pengantar dulu supaya bisa ke kecamatan, hehe, setelah meminta surat pengantar sekalian tanda tangan , setelah itu ke ketua RW minta tanda tangan juga serta cap tak lupa juga tanda tangan dari ketua dusun juga diperlukan. setelah semua di dapat, hari berikutnya langsung menuju ke kantor kecamatan utnuk emminta tanda tangan dan cap juga disini tidak dipungut biaya sama sekali, setelah itu ke kantor koramil letaknya tidak jauh dari lokasi kantor kecamatan tersebut, masih sama mencari tanda tangan dan cap dari koramil disini ada biaya namun sukarela waktu itu saya kasihRp. 2000 lanjut ke kelurahan minta pengantar untuk ke polsek dikenakan biaya Rp.3000 dengan syaratnya menggunakan fotocopy kartu keluarga, setelah di dapat langsung ke polsek yang lokasinya juga tidak jauh dari kantor kecamatan, koramil, dan kelurahan.

Di Polsek ini sudah bisa membuat SKCK namun untuk hal melamar pekerjaan swasta [bukan PNS] namun yang ingin cari adalah yang untuk mendaftar sebagai PNS dan itu harus sampai Polres Sleman Yogyakarta, tergantung lokasi kabupaten tempat anda tinggal hehe. di Polsek ini ada beberapa syarat antara lain :

Syarat Polsek Pembuatan SKCK :

  • Pas Foto berwarna dengan background warna merah 4×6 sebanyak 2 lembar
  • Fotocopy KTP sebanyak 1 lembar
  • Fotocopy akte kelahiran sebanyak 1 lembar
  • Fotocopy kartu keluarga sebanyak 1 lembar
  • Fotocopy surat pengantar dari kelurahan sebanyak 1 lembar
  • Fotocopy Kartu Rumus Sidik Jari [didapatkan di Polres]
  • Biaya Administrasi Rp. 10.000

Setelah semua jadi dan proses kelar dan dibuatkan surat rekomendasi dari polsek tersebut langsung beranjak ke Polres Sleman saya, disitu buat kartu rumus sidik jari syaratnya cuma fotocopy ktp dan pas foto 4×6 2 lembar warna bebas serta tak lupa administrasi lagi sebesar Rp.10.000 hahaha . Setelah didapat langsung beranjak ke ruang pembuatan SKCK terletak di bagian depan dari kantor Polres Sleman.

Syarat Polres Sleman Pembuatan SKCK :

  • Pas foto berwarna merah 4×6 sebanyak 4 lembar
  • Fotocopy KTP sebanyak 1 lembar
  • Fotocopy kartu keluarga sebanyak 1 lembar
  • Fotocopy akte kelahiran sebanyak 1 lembar
  • Fotocopy pengantar kelurahan sebanyak 1 lembar
  • Fotocopy kartu rumus sidik jari sebanyak 1 lembar
  • Surat pengantar dari polsek tadi
  • Administrasi Rp. 10,000

Setelah semua diserahkan kemudian disuruh mengisi formulir banyak banget isiannya, ya overal tentang kepridbadian diri dan janji tidak terkait dengan pidana gitu hehe. Proses sehari langsung jadi dan siap dibawa pulang, SKCK ini hanya berlaku selama 6 bulan, jika masa berlaku habis maka diperlukan syarat yang sama, namun langsung ke Polres juga bisa hehe.

Sekian cerita saya dari saya membuat SKCK :)

Komentar
  1. GINANJAR mengatakan:

    YA ALLAH, Kenapa saya waktu bikin surat SKCK, Biayanya besar sekali sampe _+Rp.90.000 ludes. tega bener aku. aku sedih

  2. Dicfath mengatakan:

    gan, klo buat skck tidak berdasarkan daerah pembuatan KTP bsa tau tdk?
    misalkan saya pny KTP ponorogo tp ingin buat SKCK d Jak.

Berikan Balasan

